Total Tayangan Halaman

Minggu, 01 Desember 2013

PENGERTIAN PERILAKU KONSUMEN

PERILAKU KONSUMEN

Pemahaman tentang PERILAKU KONSUMEN sangat diperlukan oleh perusahaan khususnya manajer pemasaran dalam upaya meningkatkan daya saing. Pemahaman ini diperlukan karena sasaran utama dari persahaan adalah konsumen.

Setiap perusahaan berusaha bagaimana membangun kepuasan konsumen atas barang dan jasa yang diproduksinya. Pada akhirnya, harapan perusahaan adalah tercipta loyalitas konsumen atas produk tersebut.

Lalu, apa yang dimaksud dengan PERILAKU KONSUMEN.
 Ali Hasan (2008) rnengemukakan bahwa:
Perilaku konsumen merupakan respon psikologis yang kompleks, yang muncul dalam bentuk perilaku-tindakan yang khas secara perseorangan yang langsung terlibat dalam usaha memperoleh dan menggunakan produk, serta menentukan proses pengambilan keputusan dalam melakukan pembelian produk, termasuk dalam melakukan pembelian ulang.
Menurut Kotler (2004) dalam memahami perilaku konsumen para manajer harus semakin tergantung pada riset konsumen untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kunci berikut tentang setiap pasar yaitu:

1. Siapa yang membentuk pasar
Dalam pasar, konsumen terdiri dari seluruh individu dan rumah tangga yang membeli barang dan jasa untuk keperluan pribadi konsumen.

2. Apa yang dibeli pasar
Pasar konsumen adalah pasar untuk barang dan jasa yang dibeli atau disewakan individu-individu dan rumah tangga untuk digunakan sendiri.

3. Mengapa pasar membeli
Konsumen membeli sesuatu karena ingin memuaskan kebutuhan dan keinginannya. Timbulnya keinginan dan kebutuhan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor sosial, faktor ekonomi, faktor psikologi, dan sebagainya.



4. Siapa yang ikut serta dalam pembelian
Salah satu tugas pokok bagian pemasaran adalah menentukan siapa yang mengambil keputusan untuk membeli barang dan jasa. Meskipun ada yang ikut serta dalam pembelian seperti:
  • Initiator yaitu orang yang pertama kali mempunyai ide untuk membeli suatu produk.
  • Influencer yaitu orang yang mempengaruhi keputusan dalam pembelian. 
  • Decide yaitu orang yang menentukan sebagian atau keseluruhan dari keputusan membeli, apa yang dibeli, bagaimana membelinya, dan dimana membelinya. 
  • Purchaser yaitu orang yang melaksanakan pembelian. 
  • User yaitu orang yang memakai atau mengkonsumsi barang dan jasa yang dibeli.
5. Bagaimana pasar membeli
Bagi konsumen pembelian bukanlah hanya merupakan suatu tindakan saja, melainkan terdiri dari beberapa tindakan yang meliputi keputusan tentang jenis produk, merk, bentuk, jumlah, penjual, waktu pembelian, dan sebagainya.

6. Kapan pasar membeli
Waktu pembelian yang dilakukan konsumen dapat dianalisa berdasarkan beberapa faktor seperti frekuensi pembelian suatu produk yang tergantung dari tingkat pemakaian produk tersebut.

Tingkat pemakaian produk dapat dibedakan atas pemakaian berat, medium, dan ringan. Tingkat pembelian yang dipegaruhi faktor musiman dan keadaan ekonomi.

7. Di mana pasar membeli
Konsumen dalam pembelian juga akan menentukan dimana akan membeli barang tersebut. Pemilihan tempat untuk membeli barang dapat dipengaruhi oleh lokasi toko, harga, kelengkapan barang.


PENGERTIAN DAN MODEL PERILAKU KONSUMEN


Studi mengenai perilaku konsumen adalah sangat penting dalam menjalankan konsep pemasaran suatu perusahaan. Tanpa adanya suatu pemahaman dan pengertian tentang konsumen sasaran, suatu perusahaan tidak dapat dikatakan telah menjadikan konsep pemasaran sebagai pedoman walaupun perusahaan tersebut telah menjalankan fungsi pemasarannya dengan baik.

Untuk mengetahui dengan jelas perilaku konsumen ini, seorang pemasar harus melakukan penelitian sebagai langkah awal untuk mengetahui motivasi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian.

PERILAKU KONSUMEN
Menurut Ujang Sumarwan (2003:26) mengatakan bahwa “Perilaku konsumen adalah semua kegiatan, tindakan, serta proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika membeli, menggunakan, menghabiskan produk dan jasa setelah melakukan kegiatan mengevaluasi”.

Sedangkan John C Mowen (2002: 6) mendefinisikan  bahwa ”Perilaku konsumen adalah studi tentang unit pembelian (buying units) dan proses pertukaran yang melibatkan perolehan, konsumsi dan pengembangan barang, jasa, pengalaman, serta ide-ide”.

Berdasarkan pengertian di atas dapat dipahami bahwa perilaku konsumen merupakan semua tindakan dari konsumen dalam mendapatkan produk yang diinginkannya, diawali dari sebelum membeli sampai dengan evaluasi produk yang digunakan.

MODEL PERILAKU KONSUMEN
Alasan   mengapa   seseorang  membeli jasa  tertentu   atau  membeli   pada perusahaan jasa tertentu merupakan faktor yang sangat penting bagi perusahaan atau organisasi jasa dalam menentukan desain produk jasa, saluran distribusi, harga, dan program promosi yang efektif dan beberapa aspek lain dari program pemasaran perusahaan atau organisasi jasa tersebut.

Perilaku konsumen jasa tidak berbeda dengaperilaku konsumen barang karena pembeli atau pengguna barang dan jasa hanya merupakan suatu sasaran untuk memenuhi kebutuhan. Teori yang mempelajari tentang berbagai faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli barang atau jasa inilah yang disebut sebagai model perilaku konsumen.

Assael dalam Sudarmiatin (2009) berpendapat bahwa ada tiga faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membuat keputusan pembelian yaitu konsumen individu, lingkungan dan penerapan strategi pemasaran. Selengkapnya dapat dilihat pada gambar berikut ini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar